10 Macam OS Linux

Linux adalah nama yang diberikan kepada sistem operasi komputer bertipe Unix. Linux merupakan salah satu contoh hasil pengembangan perangkat lunak bebas dan sumber terbuka utama. Nama “Linux” berasal dari nama pembuatnya, yang diperkenalkan tahun 1991 oleh Linus Torvalds.

10 Macam OS Linux :

  1. Red Hat
  2. Mandriva Linux
  3. SUSE
  4. Xandros
  5. Gentoo
  6. Ubuntu
  7. Fedora
  8. FreeBSD
  9. CentOS
  10. Turbo
  • Red Hat

Red Hat adalah salah satu perusahaan terbesar dan dikenal untuk dedikasinya atas perangkat lunak sumber bebas. Red Hat didirikan pada 1993 dan bermarkas di Raleigh, North Carolina, Amerika Serikat. Red Hat terkenal karena produknya Red Hat Linux salah satu distro Linux utama.

  • Mandriva Linux

Mandriva Linux (dahulu dikenal dengan nama Mandrakelinux atau Mandrake Linux) adalah sistem operasi yang dibuat oleh Mandriva (dahulu dikenal dengan nama Mandrakesoft). Mandriva Linux menggunakan RPM Package Manager.

  • SUSE

OpenSUSE adalah distro Linux versi komunitas yang didukung dan disponsori oleh Novell. OpenSUSEmerupakan distro Linux open source dan gratis yang menjadi dasar pengembangan bagi distro Linux komersil yang disediakan oleh Novell,SUSE Linux Enterprise Server (SLES) dan SUSE Linux Enterprise Desktop (SLED).

  • Xandros 

Xandros adalah salah satu pendiri Desktop Linux Consortium dan anggota Interop Vendor Alliance. Tampilannya sangat mirip dengan Microsoft Windows, jadi mudah dan nyaman dioperasikan terutama bagi para pemula. Pada bulan Juli 2007,Xandros membeli Scalix, produk email dan kolaborasi Linux berbasis HP OpenMail.

  • Gentoo 

Gentoo adalah sistem operasi bebas berbasis Linux atau FreeBSD yang dapat langsung dioptimasi atau dikustomisasi untuk setiap aplikasi yang diperlukan. Kebebasan pengaturan yang ekstrim, performa dan komunitas pengguna dan pengembang yang sangat bagus adalah simbol dari pengalamanGentoo.

  • Ubuntu

Ubuntu adalah salah satu distribusi Linux yang berbasiskan pada Debian dan memiliki interface desktop. ProyekUbuntu disponsori oleh Canonical Ltd (perusahaan milik Mark Shuttleworth). Nama Ubuntu diambil dari nama sebuah konsep ideologi di Afrika Selatan.

  • Fedora

Fedora (sebelumnya bernamaFedora Core, kadang-kadang disebut juga dengan Fedora Linux) adalah sebuah distro Linux berbasis RPM dan yum yang dikembangkan oleh FedoraProject yang didukung oleh komunitas pemrogram serta disponsori oleh Red Hat.

  • FreeBSD 

FreeBSD adalah sebuah sistem operasi bertipe Unix bebas yang diturunkan dari UNIX AT&T lewat cabang Berkeley Software Distribution (BSD) yaitu sistem operasi 386BSD dan 4.4BSD-Lite, meskipun pada awalnya FreeBSD rilis 1.0 diturunkan dari sistem operasi 386BSD dan 4.3BSD-Lite.

  • CentOS 

CentOS (Community ENTerprise Operating System) adalah sebuah distribusi linux sebagai bentuk dari usaha untuk menyediakan platform komputasi berkelas enterprise yang memiliki kompatibilitas kode biner sepenuhnya dengan kode sumber yang menjadi induknya, Red Hat Enterprise Linux (RHEL).

  • Turbo Linux 

Turbo Linux adalah Linux yang terkenal dan populer di Asia. Bahkan di Jepang dan Cina pun Linux ini terkenal, Turbo Linux menduduki peringkat pertama distribusi linux pilihan. Turbo Linux dibuat dari berbagai under Linux/UNIX, baik komersial maupun freeware untuk kepentingan jaringan skala besa. Pihak vendor mengklaim pihak mereka sebagai Linux tercepat saat ini dengan backup dari perusahaa-perusahaan terkemuka saat ini, seperti: Compaq, Dell, Fujitsu, Intel, NEC, Tishiba, Novel, dan SCO. 

 Kelebihan OS Linux dari OS lain :

  • Bersifat Open Source
  • Mampu berjalan di dua mode/multiuser
  • Mudah di operasikan 
  • Linux lebih stabil,sehingga jarang crash/nge-hang
  • Unggul dalam Keamanan

Mengapa Linux biasa digunakan sebagai Server dibandingkan Windows 

  • Karena,Linux lebih stabil di bandingkan Windows Yang memerlukan banyak RAM. Sehingga kurang Stabil Dan Windows sangat mudah terkena Virus/Malware

Postingan ini di Ketik Berdasarkan Catatan di buku Admin saya yang di catat Tanggal 14 Agustus 2017.

Referensi : 

P.S : Pengertian diatas tentang “10 Macam OS Linux” saya Cari Dan Copy melalui Referensi diatas


Leave a comment

Blog at WordPress.com.

Up ↑